Gejala Gangguan Pendengaran

Seseorang yang mengalami gangguan pendengaran yang belum terlalu berat, kadang tidak begitu menyadari akan masalah yang sedang dihadapi. Mungkin karena kebiasaan  Anda mendengar musik terlalu keras, dapat mengakibatkan kemampuan pendengaran Anda menjadi menurun. Dan bila tidak cepat ditangani, gangguan pendengaran akan bertambah berat dan bukannya tidak mungkin, suatu saat terjadi kehilangan pendengaran secara total.

Untuk mendeteksi adanya gangguan pendengaran, seseorang dapat melakukan serangkaian pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorok). Tapi sebenarnya ada beberapa tanda waspada yang dapat kita temukan sendiri pada saat terjadi gangguan pendengaran.

The national Institute on Deafness and Other Communications Disorders mengeluarkan sejumlah panduan akan adanya gangguan pendengaran. Anda kemungkinan mengalami gangguan pendengaran, bila ditemukan tiga atau lebih dari gejala-gejala berikut :

Anda sulit mengikuti pembicaraan pada saat dua orang atau lebih bicara pada saat yang sama.
Anda mengalami masalah melakukan pembicaraan di telepon.
Anda harus berkonsentrasi penuh untuk mengikuti dengan baik pembicaraan yang sedang berlangsung.
Anda sulit mendengar  saat berada dalam lingkungan yang bising.
Orang mengeluh pada Anda karena suara televisi atau radio yang terlalu keras Anda dengarkan.
Anda merasa bahwa banyak lawan bicara Anda kelihatannya berbicara tidak jelas atau hanya bergumam.
Anda Sering meminta lawan bicara Anda untuk mengulang ucapan yang dikatakannya.
Anda sering salah menjawab atau salah paham atas lawan bicara Anda.

Anda sering mengalami kesulitan untuk memahami pembicaraan dengan wanita dan anak-anak, karena mereka berbicara dengan frekuensi yang lebih tinggi. Pada pendengaran yang disebabkan karena suara bising, penderita sering mengalami gangguan mendengar frekuensi tinggi pada awal gangguan pendengaran terjadi.

No comments:

Post a Comment