Lem Lebah Mengobati Sariawan Parah

Ilmuwan telah mengembangkan lem lebah untuk mengobati sariawan yang parah. Ilmuwan di Inggris telah menciptakan obat gel untuk mengobati luka di mulut yang menyakitkan atau sariawan, dengan menggunakan campuran resin dan lilin yang digunakan oleh lebah madu untuk mensterilkan sarangnya.

Meskipun sifat penyembuhan dari lem lebah (propolis) sudah dikenal lama bertahun-tahun, tetapi belum banyak orang memanfaatkannya. Hal ini karena zat lengket ini tidak larut dalam air dan memiliki bau yang menyengat.


Sekarang peneliti di University of Bradford telah menemukan cara untuk memurnikan propolis menjadi campuran obat yang akan larut dalam air dan juga tidak berbau. Teknik ini udah mengarah ke perkembangan gel baru untuk sariawan dan membuka pintu untuk untuk berbagai obat-obatan lainya.

" Propolis adalah campuran kimia yang komplek dan produk alami yang sangat berguna," kata pemimpin peneliti Profesor Anant Paradkar, seperti di lansir Dailymail. Profesor Paradkar menjelaskan, propolis telah terbukti menjadi anti mikroba, anti jamur, antioksidan yang kuat non alergenik dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahan ini juga dapat mempercepat penyembuhan luka dan memiliki sifat anestesi.

Selama ini yang menjadi sandungan terbesar pemanfaatan propolis adalah masalah kelarutan dan bau. Tapi penelitian yang kami lakukan sudah dapat mengatasi hal tersebut, sambung profesor Paradkar. Tim Profesor Paradkar telah mengembangkan teknik baru untuk memurnikan propolis bekerja sama dengan produsen obat alami, Nature's Laboratory.

Bersama-sama mereka telah menciptakan gel gel sariawan baru yang berbasis propolis, yang juga dapat digunakan sebagai anti mikroba, anti jamur dan anestesi yang lebih baik dari pada yang sudah ada di pasaran. Gel ini juga aman digunakan pada anak-anak.

" Masalah pada gel mulut biasanya adalah adhesi pada membran di dalam kulit yang sulit. Karena sifat permukaan ini, gel biasanya langsung meluncur," jelas Profesor Paradkar.
Oleh karena itu, lanjut Prof Paradkar, propolis yang lengket dan bahkan larut dalam air tetap dapat tetap dapat digunakan di dalam mulut dan membuatnya menempel dengan lebih efektif.

No comments:

Post a Comment