Cara Memelihara Alat Pencernaan

Yang harus kita lakukan untuk menjaga agar alat pencernaan kita selalu sehat adalah :

1. Makan makanan bergizi secara bervariasi dan tidak berlebihan. Misalnya kita tidak dilarang menikmati makanan yang pedas atau asam. Tetapi alangkah baiknya jika tidak dilakukan secara terus-menerus dan berlebihan.

2. Usahakan melaksanakan pola makan yang teratur. Sebaiknya kita makan 3 kali sehari. Pertama makan pagi sebagai sumber utama tenaga untuk melaksanakan aktivitas. Kedua, makan siang untuk menambah tenaga yang mulai berkurang. Ketiga, makan malam untuk memulihkan tenaga yang telah terpakai oleh aktivitas sepanjang hari. Ketahuilah, bahwa pada saat kita tidur pada malam hari pun, tubuh tetap membutuhkan tenaga agar istirahat kita menjadi bermutu.


3. Makanlah dengan tenang. Jangan terlalu cepat menelan makanan. Kunyalah makanan hingga benar-benar lumat. Ini juga berarti kita sebaiknya tidak selalu minum air untuk menelan makanan yang belum lumat. Jika kita mengunyah makanan terlalu lembut, maka kerja lambung menjadi tidak berat. Lambung tidak perlu meremas-remas terlalu kuat atau lama.


4. Kebersihan makanan dan peralatan makan harus selalu dijaga. Sebelum dan sesudah makan, peralatan harus dicuci dengan sabun. Makanan harus bebas dari debu, lalat, dan kotoran lainya. Buah dan sayuran yang dimakan mentah harus dicuci lebih dahulu.

No comments:

Post a Comment